Hacker menyerang perusahaan minyak, gas dan sistem pertahanan milik Norwegia



Sarana Minyak, gas dan pertahanan perusahaan di Norwegia telah dilanda serangkaian serangan hack canggih.

Menurut Badan Keamanan Nasional (NSM), Rahasia industri dan informasi tentang negosiasi kontrak telah dicuri, kata Norwegia .

Diperkirakan 10 perusahaan, dan mungkin lebih banyak, telah ditargetkan dalam gelombang serangan terbesar untuk memukul negara itu.

Norwegia termasuk dalam daftar negara berkembang yang telah kehilangan rahasia dan kekayaan intelektual oleh dedemit maya.

Para penyerang mendapatkan akses ke jaringan perusahaan menggunakan email dengan virus yang terlampir dalam attachment dan tidak terdeteksi oleh sistem anti-malware.

Target serangan
NSM mengatakan pesan email telah dikirim ke orang-orang dengan nama tertentu ke perusahaan target dan dibuat terlihat seperti dari sumber yang sah.

Banyak email berisi virus yang dikirim sedangkan perusahaan berada di tengah negosiasi atas kontrak besar.

Dikatakan nama pengguna, password, gambar industri, kontrak dan dokumen telah dicuri dan dibawa keluar dari negara itu.

NSM percaya serangan adalah karya dari sebuah kelompok, berdasarkan analisis dari metode yang digunakan untuk target individu, kode di dalam virus dan bagaimana data diekstraksi.

“Ini adalah pertama kalinya Norwegia telah mengungkapkan serangan komputer spionase yang luas dan lebar,” kata NSM dalam sebuah pernyataan.

Mereka mengetahui tentang serangan tersebut dari laporan kata staf keamanan TI internal perusahaan yang menjadi korban.

Namun, NSM mengatakan, tidak tertutup kemungkinan bahwa banyak perusahaan lain yang belum tahu bahwa hacker telah menembus sistem mereka dan dokumen dicuri.

Perusahaan keamanan melaporkan bahwa banyak negara lain dan sektor industri telah ditargetkan oleh pencuri data dalam beberapa bulan terakhir.

Industri kimia, perusahaan hi-tech dan utilitas tampaknya telah menjadi target serangan.

, ,

  1. No comments yet.
(will not be published)