Kurniawan dan X-code


Saya sebagai founder X-code, secara komunitas, menempatkan para members X-code pada ruang kebebasan lebih, meskipun berada dibawah rules pada media-media yang ada. Terlepas dari x-code, yaitu secara pribadi anda bisa membuat etika anda sendiri ketika anda sudah menemukan apa yang diinginkan, agar anda dapat menjalankan etika dengan benar-benar, tidak semata cuma dimulut, diatas tulisan semata atau semacamnya.

Secara saya pribadi, saya tidak tertarik membuat kontrak dengan anda seperti harus begini begitu jika ingin mendapatkan ilmu dari saya,  segala akibat dari penggunaan ilmu yang ada adalah semua tanggung jawab anda pribadi,  meskipun demikian saya berharap anda dapat menggunakan ilmu untuk dapat menolong orang lain dan tidak merugikan orang lain.

Dalam hal komunitas, para members tidak ada kewajiban apapun terhadap X-code, X-code berjalan secara alami, bagi yang memberikan kontribusi kepada X-code secara tidak langsung dia mempunyai “image”  tersendiri di dalam komunitas. Dari X-code jaman dulu memang sudah terlihat siapa yang sering sharing dia akan dikenal oleh komunitas sebagai sosok yang disegani, dihormati atau semacamnya. Itu adalah bagian dari kultur hacker secara umum, dimana hal-hal seperti ini tidak perlu diatur alias sudah berjalan tanpa tertulis.

Terlepas dari kultur hacker itu sendiri, saya sebagai founder X-code memasukkan berbagai sudut pandang saya ke X-code seperti hal-hal yang berhubungan dengan dunia filsafat, saya benamkan ke X-code. Contoh dari hal tersebut adalah dimana saya telah melakukan kampanye berbagai pemikiran yang ada di saya sejak tahun 2010.  Cara saya sebagai founder sekaligus yang memimpin X-code tidak hanya mengajarkan hal-hal yang teknis melulu tapi juga hal-hal yang sifatnya diluar itu, baik itu yang berhubungan dengan berbagai filosofi, etika, budaya atau sebagainya.

Saya berharap berbagai ilmu di X-code tidak hanya dapat membuat anda bertambah ilmunya secara teori maupun teknis dalam hal-hal yang berhubungan dengan hacking, security ataupun komputer secara keilmuan tersebut, tapi juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya hal-hal diluar itu seperti filosofi, etika, budaya dan sebagainya yang kadang sering diabaikan dalam dunia hacker.

Salam founder X-code

Kurniawan

  1. No comments yet.
(will not be published)